Congenital Heart Disease adalah kelainan pada struktur jantung yang dialami sejak bayi, bahkan sejak lahir.

KESEHATAN – CHD ini dapat membuat gangguan pada aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh & paru-paru dan dari seluruh tubuh ke jantung. Penderita penyakit jantung bawaan harus memperhatikan kondisi kesehatannya seumur hidup. Meski pernah di obati, namun hal ini hanya untuk mendeteksi gejala membahayakan sejak awal.

PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG BAWAAN

Gangguan kesehatan yang satu ini terjadi karena adanya kegagalan pada proses pembentukan jantung pada saat janin masih ada di dalam kandungan.

Jantung manusia terbagi menjadi 4 bagian, serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Serambi kanan dan bilik kanan memiliki tugas untuk menerima darah dari seluruh tubuh yang akan dipompa ke paru-paru. Setelah di paru-paru terdapat pertukaran oksigen dan karbon monoksida, maka darah akan menuju ke serambi kiri untuk di tampung dan di salurkan ke bilik kiri untuk dipompa ke seluruh tubuh melalui aorta.

Bagi pasien jantung bawaan perputaran darah akan mengalami gangguan karena ada struktur jantung yang berbeda, termasuk di dalamnya katup jantung, tiap ruang jantung, arteri, dan penyekat yang memisahkan ruang jantung.

Hingga detik ini masih belum ada penelitian yang memastikan penyebab ketidaksempurnaan pembentukan jantung (Pada Minggu ke-5 kehamilan, dimana proses pembentukan jantung terjadi).

Tetapi, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko Jantung Bawaan, antara lain;

  • GEN

Gen ini sendiri bisa diturunkan dari salah satu atau kedua orang tua. Penyakit ini dapat dialami anak yang lahir dengan Sindrom.

  • ALKOHOL

Paparan alkohol yang ada pada kosmetik (Pembersih kuku, lem bulu mata) dan mengkonsumsi minuman keras sangat besar potensinya melahirkan bayi yang jantungnya abnormal.

  • OBAT-OBATAN

Obat dengan kandungan Ibuprofen, anti kejang yang di konsumsi tanpa resep dan petunjuk dokter juga bisa membahayakan janin.

  • MEROKOK

60% dari kasus jantung bawaan bayi dipicu oleh kandungan rokok yang mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan ibu.

Demikian beberapa penjelasan dari Penyakit Jantung bawaan. Untuk para ibu hamil, perhatikan apa yang dikonsumsi apakah itu baik bagi janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *