1. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah seseorang yang memiliki penyimpangan, bisa berupa fisik, intelektual, interaksi dalam perkembangannya dibanding orang normal lainnya. Menurut Data Kemendikbud tahun 2015 memaparkan bahwa jumlah ABK di Indonesia sebesar 1,6 juta orang. Zaman dulu, setiap penderita ABK harus memasuki sekolah luar biasa (SLB).

Pemerintah dewasa ini telah berusaha untuk memberikan kesempatan yang sama bagi ABK untuk memperoleh ilmu di tempat yang sama dengan anak normal lainnya.

2. Macam-macam Anak Berkebutuhan Khusus

Penyimpangan yang dimiliki oleh penderita sebaiknya mulai disadari oleh orang normal lainnya, sehingga mereka dapat menyesuaikan diri. Adapun macam-macam ABK, sebagai berikut:

  • Autisme

Anak autisme adalah anak yang menderita gangguan saraf di dalam otak sehingga perkembangan otak penderita lamban. Hal yang signifikan adalah anak autisme cenderung menyendiri karena mereka memiliki dunia mereka sendiri.

  • Tunanetra

Tunanetra adalah anak atau penderita yang memiliki masalah dalam penglihatannya. Tunanetra dapat menderita gangguan penglihatan sebagian atau secara total.

  • Tunarungu

Tunarungu adalah penderita yang kehilangan seluruh atau sebagian daya pendengaran. Penderita yang divonis menjadi tunarungu akan memiliki kesulitan secara lisan. Pasalnya penderita tidak mengetahui pelafalan yang benar.

  • Tunadaksa

Tunadaksa adalah penderita yang memiliki cacat pada anggota tubuhnya. Kelainan ini bisa berupa neuro-muskular atau struktur tulang yang berbeda dengan orang normal. Pada akhirnya tunadaksa memiliki keterbatasan dalam bergerak.

  • Tunagrahita

Tunagrahita adalah anak yang terhambat dalam perkembangan mental IQ yang dibawah rata-rata. Penderita tunagrahita akan sulit memahami pelajaran akademik dan membutuhkan waktu cukup lama untuk mempelajarinya.

  • Gifted

Gifted, artinya anak atau penderita ini mempunyai kecerdasan, kreativitas, dan tanggung jawab terhadap tugas yang sangat tinggi dibanding dengan anak-anak normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *