imunoterapi kanker bukan hanya vaksin biasa

Imunoterapi kanker bukan hanya vaksin biasa. Kanker sebagai “momok” dunia tampaknya tidak lagi akan sebegitu menyeramkannya. Pasalnya, perkembangan teranyar dunia kedokteran mengindikasikan pengobatan imunoterapi mempunyai potensi menyembuhkan kanker.

Berkembangnya teknologi dan ilmu kedokteran mengakibatkan angka asa hidup insan bertambah.

Namun, pertambahan angka asa hidup itu tidak melulu menimbulkan akibat positif seperti menyaksikan perkembangan anak dan cucunya,namun juga akibat negatif seperti apabila timbulnya penyakit degeneratif. Salah satu misal penyakit degeneratif yang tidak jarang ditemui ialah kanker.

Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya kanker menjadi “momok” untuk manusia. Penyebabnya adalah sulitnya penyembuhan untuk penyakit yang satu ini. Meskipun begitu, ilmu pengetahuan yang terus berkembang akhirnya menimbulkan potensi terapi baru. Salah satu penemuan terkini, yakni imunoterapi, terbukti ampuh membasmi kanker tanpa efek samping.

Sejarah Imunoterapi
Penggunaan imunoterapi sebetulnya bukan adalahhal yang baru dalam dunia medis. Pada akhir abad ke 19, William Coley, ahli bedan New York, berhasil melakukan eksperimen imunoterapi dengan bakteri pada pasiennya. Namun, karena eksperimen ini dinilai gagal, maka imunoterapi pun dianggap tidak manjur kala itu.
Prcobaan yan gmengagumkan terjadi pada 1992 dan 1998 saat interleukin-2 dipakai sebagai obat kanker ginjal dan juga untuk menyembuhkan melanoma dan efeknya tampak positif. Di samping itu, pada tahun 2003, ditemukan antibodi yang bisa berikatan dengan CTLA-4 (protein di permukaan sel limfosit T yang bermanfaat untuk menangkal sel itu menyerang sel tubuh lainnya) sehingga menolong proses pemulihan pada pasien kanker yang merasakan penyebaran ke unsur tubuh lainnya.

Ilmu tentang imunoterapi pada kanker terus berkembang. Hingga ketika ini,telah terdapat sekian banyak jenis imunoterapi dengan mekanisme kerja yang berbeda-beda.

imunoterapi kanker bukan hanya vaksin biasa

Mekanisme kerja dari imunoterapi
Sistem pertahanan tubuh insan adalah sekumpulan sistem yang bekerja dengan proses yang paling kompleks. Organ, sel dan substansi tertentu mempunyai peran setiap dalam merespon benda asing di dalam tubuh. Ketika sistem pertahanan itu mendeteksi adanya benda asing dalam tubuh manusia, bakal timbul respons imun yang paling hebat guna menghancurkan benda asing tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *